Pengembangan Media Pembelajaran Lantai Permainan Elektronika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa

  • Amifatuz Zuhriyah Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa, Gresik
Keywords: Development, Electronic Game Floor Learning Media, Mathematics Subjects

Abstract

The teacher should better equip himself in utilizing and developing learning media so that the learning atmosphere is more enjoyable without reducing the essence of the subject matter being conveyed. Based on observations when the teacher presents the subjects in class there are several subjects who have difficulty in delivering the material, namely mathematics, the subject of multiplication and division of 2 numbers. This is supported also by the learning media. So that the mindset of students who feel bored, do not like mathematics, and assume that mathematics is a difficult and boring subject will change. Anticipating these obstacles, we need an interesting learning media that can stimulate the imagination and creativity of students, one of which is the learning media "Electronics Game Floor" in mathematics.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AECT. 1986. Definisi Teknologi Pendidikan : Satuan Tugas Definisi Terminologi AECT. Jakarta : CV Rajawali.
Anderson, Ronald. H. 1994. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada AECT 2007.
Arsyad, Ashar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Daryanto, 2010.Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung : PT RemajaRosdakarya.
Ibrahim & Suparni. 2012.Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka Press
Kholifah. 2003. Pengembangan Paket Pembelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian (KTK) pada Kelas III SD Negeri Se-Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Tesis. Surabaya: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Miarso, Yusufhadi. 2009. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arif, dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Scientific, Pudak. 2011. Petunjuk Penggunaan Alat Peraga: untuk Sekolah Dasar. Bandung: Pudak Scientific.
Seels, B dan RC Richey. 1994. Teknologi Pembelajaran, Definisi danKawasannya. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Sudjana dan Ahmad Rifa’i. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta. Pedagogia
Taufik, dkk. 2011. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran: Pelengkap untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru Profesional. Jakarta: CV. IPA Abong.
Zarkasi, M. Firdaus. 2009. Belajar Cepat dengan Diskusi: Metode Pengajaran Efektif di Kelas. Surabaya: Indah Surabaya (Anggota IKAPI).
Fajar Arifin, Alief Ahdian. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Macromedia Flash Professional 8 Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Kelas VII, (Online), Diakses Pukul 17:18. 25/09/2019.
Astuti, Tri. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Kartun 3D Berbasis Muvizu pada Matapelajaran Matematika Kelas I di SD LAB School UNNES. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, (Online), Diakses Pukul 09:48. 01/10/2019.
Kompetensi Dasar Matematik SD http://file.upi.edu/Direktori/KD-SUMEDANG/197212262005011002-PRANA_DWIJA_ISWARA/skkdSD MI/37.MATEMATIKASD-MI.pdf, (Online), Diakses pukul 13:15. 09 Februari 2016
Karkateristik Belajar Siswa Sekolah Dasar http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Karakteristik%20Siswa%20SD.pdf (Online), Diakses pukul 14:00. 07 Oktober 2019.
Published
2018-06-19
How to Cite
Zuhriyah, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Lantai Permainan Elektronika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education , 5(2), 11-21. Retrieved from https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/atthiflah/article/view/22
Section
Articles