PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIAH

Authors

  • Sofia Khoirun Nisa’ Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia
  • Muhammad Anas Maarif Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia
|

DOI:

https://doi.org/10.54069/attaqwa.v17i02.148

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis  bagaimana implementasi strategi pembelajaran  CTL pada mata pelajaran di Madrasah Diniah Mambaul Ulum Desa Wedoroanom Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Artikel ini menggunakan suatu pendekatan studi kasus, dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah a) Guru fiqih melakukan kegiatan praktek shalat b) pembiasaan shalat asar berjamaah. Implikasinya dapat terlihat dari 4 kompetensi (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan) yang dapat terpenuhi. Hasil implikasi strategi pembelajaran CTL pada mata pelajaran Fiqih dalam sikap sosial yakni Santri lebih memiliki tanggungjawab yang besar, memiliki kepecayaan diri dalam belajar, Keberanian mereka dalam berhubungan dengan teman lainnya menjadi bertambah, Hubungan dengan guru menjadi lebih dekat, serta keteladanan dari masing-masing teman bisa membawa dampak positif untuk saling mencontoh. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur`an. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2010.

Amirudin, Amirudin. “Model Manajemen Pondok Pesantren Dalam Peningkatan Mutu Santri Bertaraf Internasional: Studi Pada Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto Jawa Timur.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 9, no. 2 (2019): 222–241. Accessed March 28, 2020. http://103.88.229.8/index.php/idaroh/article/view/5607.

Azizah, Umniyatul, Chairul Rahman, Ida Farida, and Nina Nurmilasari. “Pemahaman Guru Terhadap Standar Isi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Kota Bandung.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 2, no. 2 (August 3, 2021): 191–206. Accessed August 6, 2021. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/tijie/article/view/25.

Bafadhol, Ibrahim. “Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 11 (October 25, 2017): 14. Accessed June 16, 2020. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/95.

Brooks, Melanie C., and Agus Mutohar. “Islamic School Leadership: A Conceptual Framework.” Journal of Educational Administration and History 50, no. 2 (April 3, 2018): 54–68. Accessed October 12, 2020. https://doi.org/10.1080/00220620.2018.1426558.

E Mulyasa. Menjagi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. 11th ed. Bandung: Rosdakarya, 2011.

Fajriana, Anggun Wulan, and Mauli Anjaninur Aliyah. “Tantangan Guru Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Era Melenial.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (August 11, 2019): 246–265. Accessed November 28, 2019. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/324.

Hidayah, Siti Na’ilul, and Ashif Az-zafi. “The Role Of The Religious Laboratory In Improving Students ’Understanding Of Fiqh Lessons.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 2, no. 2 (July 25, 2021): 157–174. Accessed July 25, 2021. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/tijie/article/view/53.

Ilmi, Munaya Ulil, Farid Setiawan, Maulida Nurul Hikmah, Arrum Kharisma, Dimas Feryawan, and Aiman Affan Hanafie. “The Basic Concepts of Evaluation and Its Implementation in IRE Lessons in The Pandemic Era.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 2, no. 2 (July 30, 2021): 175–190. Accessed July 31, 2021. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/tijie/article/view/50.

Johnson, Elaine B. Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. Thousand Oaks, Califorinia: A Sage Publication Company, 2002.

Khoiriyah, Binti, Nur Laili, and Masrurotul Mahmudah. “PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK.” Al-Mudarris: Journal Of Education 1, no. 2 (October 12, 2018): 62-67–67. Accessed November 19, 2019. http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/al-mudarris/article/view/152.

Maptuhah, Maptuhah, and Juhji Juhji. “Pengaruh Perhatian Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 1 (May 22, 2021): 25–34. Accessed August 17, 2021. https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attadrib/article/view/127.

Nadlir, Nadlir, and Hanik Yuni Alfiyah. “Perbandingan Pendekatan Saintifik antara Kurikulum 2013 dan Pendekatan Burhani dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Mata Pelajaran Fiqih.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 6, no. 2 (2018): 203–224. Accessed February 16, 2020. http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/182.

Nasih, Ahmad Munjin. Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Refika Aditama, 2009.

Qomar, Mujamil. “The Dynamic of Islamic Theology in Indonesia.” JOURNAL OF INDONESIAN ISLAM 9, no. 2 (December 16, 2015): 195–228. Accessed November 13, 2017. http://jiis.uinsby.ac.id/index.php/JIIs/article/view/231.

Qomar, Muljamil. Epistemologi pendidikan Islam: dari metode rasional hingga metode kritik. Jakarta: Erlangga, 2005.

Rofiq, Muhammad Ainur, Muchammad Eka Mahmud, and Imroh Atul Musfiroh. “Peningkatan Hasil Belajar Fiqih melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Kelas V MI At Tarbiyah Loa Janan.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 6, no. 2 (July 10, 2019): 109–129. Accessed July 28, 2021. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/2063.

Setiawan, Adib Rifqi. “Instrumen Penilaian Pembelajaran Fiqh Mu’?mal?t Berorientasi Literasi Finansial.” Eklektik?: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan 2, no. 2 (December 30, 2019): 258–272. Accessed March 1, 2020. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK/article/view/8117.

———. “Pendidikan Literasi Finansial Melalui Pembelajaran Fiqh Mu’?mal?t Berbasis Kitab Kuning.” Nazhruna 3, no. 1 (March 1, 2020): 138–159. Accessed October 23, 2020. https://doaj.org.

Surya, Prastio, and Muhammad Husnur Rofiq. “Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (August 4, 2021): 31–37. Accessed August 4, 2021. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/65.

Suwito, Suwito. “Pengaruh Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dan Media Video Terhadap Motivasi Siswa Pada Pelajaran Fiqh Di Min Muara Siban Pagar Alam.” Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016).

Syaiful Bahri, Djamarah, and Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Downloads

Published

2021-09-03

How to Cite

Nisa’, S. K., & Maarif, M. A. (2021). PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIAH. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 17(02), 94-105. https://doi.org/10.54069/attaqwa.v17i02.148

Issue

Section

Articles