Mutu Pembelajaran Tematik di Tingkat Pendidikan Dasar Kelas Rendah Sekolah Dasar

Authors

  • Siti Aprinia Marlena Universitas Nurul Huda OKU Timur
  • Supangat Supangat Universitas Nurul Huda Oku Timur, Indonesia
  • Ahmad Taufiq Yuliantoro Universitas Nurul Huda Oku Timur, Indonesia
|

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.279

Keywords:

Pembelajaran Tematik, Tingkat Pendidikan Dasar, Kelas Rendah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perencanaan dan Penerapan mutu Pembelajaran Tematik SD Negeri Sukodadi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sukodadi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan para Dewan Guru di SD Negeri Sukodadi. Pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan mutu pembelajaran di SD Negeri Sukodadi telah berjalan dengan baik yaitu telah dilakukan melalui penyusunan RPP dan Silabus, Melakukan pengorganisasian bahan ajar, Pengelolahan kegiatan pembelajaran, pengelolahan kelas, menetapkan media pembelajaran, dan bahan ajar yang digunakan guru menyesuaikan pada kebutuhan siswa. Sedangkan Pelaksanaan mutu pembelajaran SD Negeri Sukodadi telah dilaksanakan dengan baik pula. Dimana guru selalu melengkapi perangkat pembelajaran, mengkondisikan kegiatan pembelajaran, mengatur suasana pembelajaran menjadi efektif, memberikan motivasi, penyampaian materi, menggunakan media pembelajaran, dan melakukan evaluasi atau penilaian berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar KKM sebagai acuan keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi, serta diadakan remedial dan pengayaan kepeserta didik, dan penilaian dilaksanakan secara tertulis maupun lisan. Hal ini Sesuai dengan PP No. 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, pendidikan nasional berfungsi untuk mencerdaskan bangsa melalui pengembangan potensi setiap warga negara tanpa terkecuali. Standar Nasional Pendidikan meliputi kriteria minimal tentang berbagai aspek pendidikan yang harus di penuhi oleh penyelenggara dan satuan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyarini, Y. (2017). Pengembangan Modul Matematika Kontekstual Dan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Eq Siswa Akselerasi. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 12–25.

Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher’s Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS:Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), Art. 2. https://doi.org/10.30596/ijems.v1i2.4590

Baharun, H., Hefniy, H., Silviani, S., Maarif, M. A., & Wibowo, A. (2021). Knowledge Sharing Management: Strategy for Improving the Quality of Human Resources. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), Art. 1. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1831

Barirohmah, B., & Subiyantoro, S. (2021). ISO 9001:2008 Quality Management System In Education. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1485

Budiya, B. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta’miriyah Surabaya. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), Art. 1. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.129

Faizah, S. N., & Mubin, M. (2018). Pengaruh Modul Tematik Berbasis Integrasi Islam Dan Sains Pada Tema Energi Dan Perubahannya Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Murni Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2), Art. 2. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p72-76

Fathih, M. A., Supriyatno, T., & Nur, M. A. (2021). Visionary Leadership of The Head of Diniyah Madrasah in Improving The Quality Santri. Nidhomul Haq?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), Art. 3. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i3.1527

Firman, F., Kaso, N., Arifuddin, A., Mirnawati, M., Ilham, D., & Karim, A. R. (2021). Anti-Corruption Education Model in Islamic Universities. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), Art. 3. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.843

Mulyono, D., Asmawi, M., & Nuriah, T. (2018). The Effect of Reciprocal Teaching, Student Facilitator and Explaining and Learning Independence on Mathematical Learning Results by Controlling the Initial Ability of Students. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 199–205. https://doi.org/10.12973/iejme/3838

Muskania, R. T. (2019). Analysis of Class Teacher Difficulties in Thematic Learning at Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.3027

Muslimin, T. A., & Kartiko, A. (2020). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.30

Permadi, B. A. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Islam Dan Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Min 2 Mojokerto. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), Art. 2. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i2.62

Permadi, B. A., & Adityawati, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Islam & Kearifan Lokal Kelas Iv Min Seduri & Mis Nurul Amal Kabupaten Mojokerto. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.61

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Prenada Media.

Retnowati, E. (2017). Efektivitas Strategi Pengelompokan Berpasangan Dalam Pembelajaran Matematika Model Core. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1). https://doi.org/10.21831/cp.v35i1.12628

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.

Sirojuddin, A., Amirullah, K., Rofiq, M. H., & Kartiko, A. (2022). Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Pengambilan Keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Pacet Mojokerto. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.395

Sirojuddin, A., Ashlahuddin, A., & Aprilianto, A. (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences di Pondok Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.143

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462

Downloads

Published

2023-01-06

How to Cite

Aprinia Marlena, S., Supangat, S., & Yuliantoro, A. T. . (2023). Mutu Pembelajaran Tematik di Tingkat Pendidikan Dasar Kelas Rendah Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 76-83. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.279