Pengembangan Bahan Ajar Bigbook Tema 3 Tugasku Sehari-hari

Authors

  • Silmi Farhani Universitas Nurul Huda Oku Timur, Indonesia
  • Supangat Supangat Universitas Nurul Huda Oku Timur, Indonesia
  • Arini Rosa Sinensis Universitas Nurul Huda Oku Timur, Indonesia
|

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.277

Keywords:

Bahan Ajar, Bigbook, Tema 3 Tugasku Sehari-hari Pembelajaran 1

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah  Untuk mengetahui bahan ajar yang akan dikembangkan, Untuk mengetahui kelayakan bahan ajar Tema 3 pembelajaran 1. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pemgembangan Borg and Gall yang mempunyai 10 tahapan namun peneliti membatasi hanya dilakukan pada 6 langkah atau tahapan diantaranya yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,  validasi desain, revisi desain, uji coba produk. dikarenakan untuk menuju tahap ke 10 itu memerlukan biaya yang cukup banyak dan waktu yang agak lama. Hasil penelitian ini adalah  Bentuk pengembangan media pembelajaran berupa Bigbook, Hasil uji kelayakan bahan ajar Bigbook pembelajaran 1 tema 3 kelas 2 SD/MI yang telah dikembangkan pada penelitian ini menunjukkan presentase kevalidan yang sangat valid atau sangat layak untuk digunakan. Dengan presentase sebesar 97,5% diperoleh dari penilaian ahli media dengan kriteria “sangat layak”, dan presentase sebesar 90% dengan kriteria “sangat layak” diperoleh dari penilaian ahli materi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyarini, Y., & Jailani, J. (2015). Pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan kontekstual dan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan EQ dan SQ siswa SMP Akselerasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 135–147.

Anggraeni, K., & Yonanda, D. A. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Dalam Model Pembelajaran Teknik Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Visipena, 9(2), 385–395. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.467

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, N. H., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Book pada Tema Kewajiban dan Hakku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 105–111. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17386

Azis, A., Abou-Samra, R., & Aprilianto, A. (2022). Online Assessment of Islamic Religious Education Learning. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 3(1), 60–76. https://doi.org/10.31538/tijie.v3i1.114

Bahri, S. (2022). Pendidikan Akhlak Anak dalam Perspektif Imam Al-Ghazali. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 23–41.

Bakri, A. R., Nasucha, J. A., & M, D. B. I. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58–79. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction. Longman.

Castillo, F. G. (2020). Innovative Pedagogy for Higher Educational Institution: The Teacher Point of View. In A. N. Al-Masri & Y. Al-Assaf (Eds.), Sustainable Development and Social Responsibility—Volume 2 (pp. 95–103). Cham: Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-32902-0_13

Fitria, R. N., Alwasih, A., & Hakim, M. N. (2022). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 11–19.

Indawati, N., Kartiko, A., Suyitno, S., Sirojuddin, A., & Fuad, Z. (2022). Improving The Religious Character of Educators Through Exemplary of Principles. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 789–801. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3691

Jumiati, J., & Kartiko, A. (2022). Pengaruh Self Efficacy dan Locus of Control Terhadap Kinerja Guru. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 32–44.

Lira, N., Mustami, M. K., & Sulaiman, U. (2021). Penguasaan Guru Pada Pembelajaran Tematik Kelas Rendah Di Min 1 Takalar.

Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya.

Permadi, B. A., & Adityawati, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Islam & Kearifan Lokal Kelas Iv Min Seduri & Mis Nurul Amal Kabupaten Mojokerto. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 122–138. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.61

Rahmah, N. N., & Amaliya, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 738–745. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2581

Rahmat, M., Yahya, M. W. B. H. M., & Assoc. Prof., Bandung Islamic University, Bandung, Indonesia, wildanyahya@unisba.ac.id. (2022). The Impact of Inclusive Islamic Education Teaching Materials Model on Religious Tolerance of Indonesian Students. International Journal of Instruction, 15(1), 347–364. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15120a

Rangkuti, I. (2022). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar dengan Media Google Form pada Pembelajaran Al Quran Hadist. Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 93–99. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.260

Sari, M., Sitepu, M. S., Azizah, A., Ratman, R., & Putri, N. R. (2022). The Effect of Offline Assisted Learning Serli Practicum Module on Solar System Materials on Student Learning Motivation. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 806–815. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2193

Sirojuddin, A., Amirullah, K., Rofiq, M. H., & Kartiko, A. (2022). Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Pengambilan Keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Pacet Mojokerto. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 19–33. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.395

Sitepu, J. M., Nasution, M., & Masitah, W. (2021). The Development of Islamic Big Book Learning Media For Early Children’s Languages. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 735–743. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1691

Sitepu, M. S., & Amelia, C. (2021). Development of Islamic Values Civics Module on Rights and Obligations for Elementary High School Students. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 617–628. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1690

Sutrisno, S., & Nasucha, J. A. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 13–22.

Suttrisno, S., & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 83–91. https://doi.org/10.21093/twt.v8i2.3303

Syelviana, N., & Hariani, S. (2019). Pengembangan Media Big Book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/27085

Tarwi, M., & Naimah, F. U. (2022). Implementasi Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Aswaja. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 42–54.

Ulum, B., & Syafi’i, I. (2022). Implementing Contextual Teaching and Learning Models in Islamic Religious Education Learning. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 45–53.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Farhani, S. ., Supangat, S., & Sinensis, A. R. . (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bigbook Tema 3 Tugasku Sehari-hari. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 84-97. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i2.277