Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Muamar Achmad Hamdani Muamar Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia
  • Yhasinta Agustyarini Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia
|

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i1.246

Keywords:

Pendekatan CTL, Minat Belajar, Pelajaran Matematika

Abstract

Jika dilihat dari data PISA tahun 2018, Indonesia berada pada posisi ke-72 dari 79 negara dalam bidang matematika. Salah satu alasannya adalah penjelasan yang abstrak dan sulit dipahami anak, sehingga sangat penting untuk diberikan pendekatan CTL atau kontekstual yang menghubungkan materi dan contoh secara langsung dengan dunia nyata di lingkungan sekitar siswa. Sehingga penjelasan materi mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pendekatan CTL terhadap minat belajar lulusan kelima MI Addiniyah Jiyu pada mata pelajaran matematika materi pengolahan data. Jenis penelitian ini menggunakan desain kontrol satu kelompok dengan sampel 18 siswa dari semua kelas V. Penelitian ini menggunakan angket dan pertanyaan dalam pengumpulan data selama penelitian. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan peneliti dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh pendekatan CTL terhadap minat belajar siswa kelas V MI Addiniyah jiyu pada pelajaran matematika pada materi pengolahan data. Artinya, jika uji-t sampel berpasangan kuesioner dan pertanyaan menghasilkan nilai Sig (2-tailed) 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyarini, Y. (2017). Pengembangan Modul Matematika Kontekstual Dan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Eq Siswa Akselerasi. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 12–25.

Agustyarini, Y., & Jailani, J. (2015). Pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan kontekstual dan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan EQ dan SQ siswa SMP Akselerasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 135–147.

Amin, A. (2019). Hubungan Kompetensi Sosial Guru Dengan Interaksi Edukatif Dalam Perspektif Peserta Didik. Al-Bidayah Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(01), 77–106. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i01.175

Amirudin, J., Ruswandi, U., Erihadiana, M., & Rohimah, E. (2022). Implementation of The CTL Learning Model Through Islamic Moderate Values in Improving the Attitude of Students Tolerance in School. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 690–703. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2201

Azkiyah, Z., Kartiko, A., & Zuana, M. M. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Dan Promosi Terhadap Minat Siswa Baru Di Madrasah. Nidhomul Haq?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 290–303. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.538

Bungin, B. (n.d.). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi Kedua. Kencana.

Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan Ctl (contextual Teaching and Learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196–202. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746

Erina, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan CTL pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2012–2022. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2044

Huda, A. M., & Rokhman, M. (2021). The Strategy of the Principal in Improving the Quality of Institutional Education. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 72–80. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i2.142

Indriani, R. (2018). Aktivitas Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Contextual Teaching and Learning (ctl) Di Sekolah Dasar. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 261–267. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.841

Kartikasari, D. A. (2018). Pemahaman Matematika: Penerapan Model Arcs Dan Penilaian Kinerja. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(1), 6–15. https://doi.org/10.21009/JEP.091.02

Maisyaroh, S., & Rokhman, M. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru: Andragogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 52–62.

Malmia, W., Latbual, J., Hentihu, V. R., & Loilatu, S. H. (2020). Efektifitas Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa: (The Effectiveness of Contextual Teaching and Learning (ctl) on Student Mathematics Learning Achievements). Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(2), 31–39. https://doi.org/10.47323/ujes.v1i2.26

Maptuhah, M., & Juhji, J. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua dalam Pembelajaran daring terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.127

Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya.

Rambe, A., Fauzi, K. M. A., & Nuriadin, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran CTL Dengan Kemampuan Awal Matematika Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 203–209. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.623

Ratnasari, S. F., & Saefudin, A. A. (2018). Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching and Learning (ctl) Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. MaPan?: Jurnal matematika dan Pembelajaran, 6(1), 119–127. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a11

Raudah, R., Hidir, A., Nor, M., & Erliani, S. (2021). Understanding Educational Management in The Context of Environmental Protection for Madrasah Application. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 419–433. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1586

Retnowati, E. (2017). Efektivitas Strategi Pengelompokan Berpasangan Dalam Pembelajaran Matematika Model Core. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1). https://doi.org/10.21831/cp.v35i1.12628

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada.

Santoso, S. (2010). Statistik parametrik. Elex Media Komputindo.

Sari, D. A., Rahayu, C., & Widyaningrum, I. (2018). Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Kubus dengan Konteks Tahu di kelas VIII. Journal of Dedicators Community, 2(2), 108–115. https://doi.org/10.34001/jdc.v2i2.704

Sembiring, R. B., & Mukhtar. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2), 214–229. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Sj, D. S., Maarif, M. A., & Zamroni, A. (2021). Strategi Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah: The Development Strategy of Islamic Religious Education Learning Programs. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 20–40. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.21

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Suryani, & Hendriyadi. (2016). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Prenada Media.

Downloads

Published

2022-07-11

How to Cite

Muamar, M. A. H., & Agustyarini, Y. . (2022). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 49-63. https://doi.org/10.54069/attadrib.v5i1.246