Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Card Sort Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Adha Al Usrah Kelas III Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Islamiyah Islamiyah Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto, Indonesia
  • Benny Angga Permadi Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim, Mojokerto Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar, Media Card Short, Bahasa Arab, Adha al Usrah

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu dari sarana untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Ibtidaiyah masih kurang, hal ini dikarenakan guru kurang variatif dalam praktek pembelajaran bahasa arab, sehingga menyebabkan siswa merasa kurang bersemangat, jenuh dan bosan serta berakibat pada hasil belajar siswa yang masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimum. Untuk memberbaiki perlu digunakan media yang menarik salah satunya adalah media card sort. Dengan menggunakan media ini diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana penggunaan media card sort dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab materi Adha Al Usrah siswa kelas III MI Miftahul Ulum I Gondang. 2019/2020. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa arab materi Adha Al Usrah siswa kelas III MI Miftahul Ulum I Gondang. 2019/2020. Metode penelitian ini memakai Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan sebanyak dua siklus , setiap siklus ada empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap obsevasi dan tahap refleksi. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan data observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduks data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. pencapaian keberhasilan penelitian ini adalah penguasaan materi dan hasil belajar peserta didik mencapai 70 % dengan nilai KKM 70. Hasil dari penelitian dapat diketahuai bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan selama penggunaan media card sort pada materi Adha Al Usrah, hal ini diketahui  dari hasil siklus I ke siklus II, pada siklus  I siswa memperoleh nilai tuntas13 siswa atau 65% nilai yang tidak tuntas adalah 7 siswa atau 35 %. Sedangkan siklus II terjadi peningkatan nilai tuntas 16 siswa atau 80%, terjadi peingkatan 15 %. Disimpulkan bahwa penggunaan media card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013 (Cetakan kesatu). Refika Aditama.

Arsyad, A., & Majid, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Depublish, Publiser.

As’ad, T. (2014). Pembaruan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 250–265. http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/viewFile/410/397

Asy’ari, H. (2016). Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an. Nidhomul Haq?: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.31538/ndh.v1i1.5

Bisri, A. M. (2020). Studi Analisis Komite Sekolah/Madrasah dalam Mengawal Kualitas Pendidikan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 51–64. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.31

Cayamodin, J. R. (2019). The Prospect of Integrated and Holistic Madrasah Education System (ihmes) in the Philippines: A Sustainable Approach to Prevent Violent Extremism. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(1), 88–102. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i1.11628

Darim, A. (2020). Manajemen Perilaku Organisasi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22–40. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.29

Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan, Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online (ketiga). PT Remaja Rosdakarya.

Efendi, N. (2013). Pengembangan Pendidikan Islam Plural-Multikultural. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 13–28.

Himmah, R. H., & Amrulloh, M. A. (2017). Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Pesantren Mu’adalah (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Kausar Genteng Banyuwangi). Jurnal Al-Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 234–248. https://doi.org/10.24042/albayan.v9i2.2240

Mujib, F. (2010). Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab. Yogyakarta: Pedagogia.

Nihayah, I. (2018). Pengembangan Kurikulum Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Pada Program Akselerasi di SMAN 5 Surabaya. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 312–323. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i2.88

Rifa’i, A. (2015). Pendidikan Islam Dan Bahasa Arab Multikultural Di Madrasah. EMPIRISMA, 24(2). http://jurnal.stainkediri.ac.id/index.php/empirisma/article/view/20

Rowin, I. A. (2018). Verbalisme Bahasa Arab Dalam Kehidupan Beragama Masyarakat Muslim. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 20–36. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.40

Wahyuni, I. (2018). Tantangan dan Peluang Pengembangan Keterampilan Bahasa Arab Komunikatif di Pesantren Modern Gontor Putri 4 Sulawesi Tenggara. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(1), 67–84. https://doi.org/10.15642/jpai.2018.6.1.67-84

Zamroni, M. A. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 1 Dlanggu. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.28

Downloads

Published

2020-04-29

How to Cite

Islamiyah, I., & Permadi, B. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Card Sort Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Adha Al Usrah Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1-11. Retrieved from https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attadrib/article/view/111