Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Subtema 2 Perpindahan Kalor Disekitar Kita

Authors

  • Pretty Amaliyah Fakultas Tarbiyah, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia
  • Ika Agustin Adityawati Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto Indonesia
|

DOI:

https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.103

Keywords:

Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Kalor disekitar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini 1) untuk mengetahui pelaksanaan metode tutor sebaya di MI Miftahul Ulum Cepokolimo. 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V pada subtema 2 perpindaham kalor di sekitar kita di MI Miftahul Ulum Cepokolimo.Penelitian ini menggunakan pendekatan One Grup Pretest Post Test Desine. Sampel yang digunakan untuk diberi perlakuan adalah kelas V MI Miftahul Ulum Cepokolimo. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat dari skor pre test  ke hasil post test. Sebelum diberikan pre test dan post test terlebih dahulu buutir soal telah divalidasi oleh ahli Ibu Ika Agustin Adityawati, M.Pd. Hasil dari penelitian ini adalah 1) pelaksanaan metode tutor sebaya di MI Miftahul Ulum Cepokolimo berjalan dengan baik sesuai RPP. 2)berdasarkan hasil uji SPSS  yang didapati dari uji hipotesis dengan menggunakan yakni uji Paires Sample T-Test ialah Asymp, Sig (2-tailed)  0,001 dimana terdapat pengaruh signifikasi antara penggunaan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa, dalam artian lain yaitu Ha  diterima dan H0 ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Rusdiana. (2014). Konsep Inovasi Pembelajaran. Pustaka Setia.

Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013 (Cetakan kesatu). Refika Aditama.

Agustinus, H. (2014). Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter: Konsep, Pendekatan dan Aplikasi. Alfabeta.

Arifin, S. (2016). Islamic religious education and radicalism in Indonesia: Strategy of de-radicalization through strengthening the living values education. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 6(1), 93. https://doi.org/10.18326/ijims.v6i1.93-126

Arifudin, A., Sudirman, S., & Andri, M. (2017). Evaluasi Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Penempatan Kerja Petugas Di Upt Puskesmas Lembasada. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.31934/promotif.v7i1.20

Asmiyati, A. (2018). Model Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Giriliyo I Wukirsari Imogiri Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 41–54. https://doi.org/10.14421/jpm.2018.31-04

Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1).

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed). Pearson.

Dimyati, & Mudjiono. (1999). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.

Hajar, D. (1977). Karya Ki Hajar Dewantara (2nd ed.). Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Haromain, H. (2014). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(2), 136–149. http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/4047

JR Raco. (2014). Metode penelitian Kuantitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulanya. Alfabeta.

Ma`arif, M. A., & Rusydi, I. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HOLISTIK DI PONDOK PESANTREN AMANATUL UMMAH MOJOKERTO. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(1), Article 1. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.598

Ma’arif, M. A. (2017). Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI menurut Az-Zarnuji. ISTAWA, 2(2), 35–60. http://journal.umpo.ac.id/index.php/istawa/article/view/624

Maarif, M. A., & Rofiq, M. H. (2018). Pola Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Berkarakter: Studi Implementasi Pendidikan Berkarakter di Pondok Pesantren Nurul Ummah Mojokerto. 13, 16.

Mahfud, C. (2019). Evaluation of Islamic Education Curriculum Policy in Indonesia. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 34–43.

Putri, E., & Ayu, I. (2012). Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Pandangan Islam [IAIN Walisongo]. http://eprints.walisongo.ac.id/118/

Sugiyono. (2014). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Ed. 14). Alfabeta.

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Amaliyah, P., & Adityawati, I. A. . (2020). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Subtema 2 Perpindahan Kalor Disekitar Kita. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 1-8. https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.103