Implementasi Desain Pembelajaran Bermain Peran dalam meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Badrussalam Surabaya

Authors

  • Nurul Kumalasari UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
    Email: nurulkumala03@gmail.com

Keywords:

Bermain Peran, Hasil belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan berbagai strategi yang dilakukan dalam mengimplemtasikan desain pembelajaran Bermain Peran dalam meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTS Badrussalam Surabaya, dengan subjek siswa.  Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran Bermain Peran merupakan salah satu desain pembelajran yang dapat digunakan  dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan dapat memberi gambaran terhadap materi pelajaran atau pemikiran yang masih abstrak menjadi sebuah pemahaman yang menyenangkan, artinya pembelajaran menjadi lebih konkrit. Beberapa strategi yang harus diperhatikan pendidik dalam mengimplementasikan desain pembelajaran yang menyenangkan serta tidak membosankan seperti pendidik harus menyadari tentang desain pembelajaran yang terbaru dalam belajar mengajar,  pendidik harus memiliki kemampuan yang dapat menigkatkan keberhasilan belajar peserta didik, pendidik mampu mengembangakan desain pembelajaran, mengatur peserta didik dan mengadakan evaluasi, dan peserta didik menerima dan dapat menerapkan desain pembelajaran bermain peran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suhasimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Akasara, 2007.

Bermawy M, Hisyam Zaini, and Sekar A.A,. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.

Depdiknas. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi SMP Mata Pelajaran PAI,. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Lanjutan Pertama, 2003.

Jalinus, Nizwardi, and Ambiyar. Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2016.

Mardiyan, R. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Materi Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri Bukit Tinggi Dengan Metode Bermain Peran (Role Playing).” Pakar Pendidikan (n.d.): 151–162.

Moleong, L.J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.

Rosdiana. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kelulusan Ujian Nasional Siswa Pada Sekolah Menengah Di Kota Palopo (Studi Kasus Di 5 Sekolah Menengah Di Kota Palopo).” Al-Khawarizmi; Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 4. 1 (March 2016).

Sumiharsono, M. Rudy, and Hisbiyatul Hasanah. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi, 2018.

Sunhaji. “Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 2. 2 (November 2014).

Suryani, Nunuk. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT.” Prosiding Workhsop Nasional (November 2015).

Usman, Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana, 2017.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Kumalasari, N. (2021). Implementasi Desain Pembelajaran Bermain Peran dalam meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Badrussalam Surabaya. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 17(1), 75-83. Retrieved from http://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/65

Issue

Section

Articles